Sabtu, 21 Januari 2017

Membentangkan Bulu Domba

Image result for signs of God



Aku memulai hubungan cintaku dengan Tuhan penuh dengan ribuan tanda.
Ke manakah Tuhan mau hari ini aku pergi? Berilah tanda.
Dengan siapakah Tuhan mau aku ke mall sore nanti? Berilah tanda.
Masuk gereja jam berapakah besok pagi? Berilah tanda.
Aku harus pacaran dengan siapakah, si A yang ganteng abis dan digila2i semua cewek, atau si B yang tajir minta ampun tapi tampangnya standar? Berilah tanda. Huwakakakaka...

Roberts, kakak rohaniku yang fenomenal dan terkenal seluruh dunia karena skandal (pssssttt), tapi yang super ganteng itu, dan yang pertobatannya after that skandal sungguh sangat menggugah hati,...
suatu kali pernah bercerita tentang Gideon, laki2 penakut yang dipilih Tuhan untuk membebaskan Israel.

Si Gideon itu, sudah mendengar dari Tuhan dengan sangat jelas, juga ditemui oleh malaikat Tuhan, masih juga meragukan apa yang dia dengarkan, dan merasa dia butuh tanda supranatural.
Si Gideon pun meminta Tuhan membuat bulu domba basah, lalu kering, pokoknya yang seperti itu... baca sendiri di  Hakim-hakim 6:36-40 :P , sebagai tanda bahwa benarlah Tuhan lah yang menginginkan dia untuk membebaskan Israel.
Dan bahwa benar apa yang didengarnya dari Tuhan :D

Dua kali Gideon meminta tanda, dan Tuhan memberikannya.

Roberts melarang aku "membentangkan bulu domba".
Menurut dia, kalau aku tau bahwa itu Tuhan, yang aku perlu lakukan adalah taat, dan bukan membentangkan bulu domba, karena ketidakpercayaanku.
Aku setuju.
Pada waktu itu, mungkin lebih kepada karena kakak rohaniku yang bilang, bukan karena aku memahami esensi-nya :D

Membentangkan bulu domba dalam versi ABG seperti begini,
Ya Tuhan... kalau dia jodohku, biarlah besok dia datang ke gereja pakai baju merah.
Doa dipanjatkan jam stengah 3 pagi.
Gereja jam 7 pagi.
Pacarnya tidak punya baju merah. 
Kalopun tiba2 hari itu si pacar ingin pake baju merah, tidak ada mall yang dibuka stengah 3 pagi untuk mewujudkan bentangan bulu domba seperti itu.
Besoknya, si pacar muncul dengan baju kuning.
Selesai gereja, yang berdoa mutusin pacarnya =)) =)) *bentar, ngakak dulu.*

Tapi para ABGs tentu saja punya pembelaan yang alkitabiah.
Lalu bagaimana dengan hamba Abraham, waktu mencari jodoh untuk Ishak?
Bukankah dia juga berdoa minta tanda dan menemukan Ribka?

Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, j  dan unta-untamu juga k  akan kuberi minum 1 --dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak;

 
Nah, ini dia versi aku minta tanda.
Keliatan sekilas mirip kan sama kalo dia jodohku biarlah dia pake baju merah?
Tapi sesungguhnya ini cara meminta tanda yang sangat berbeda dengan membentangkan bulu domba.
Bedanya:
1. Gideon tau bahwa itu Tuhan. Dia saja yang penakut dan butuh kepastian berkali-kali untuk meyakinkan hatinya sendiri. Hamba Abraham berbeda.

2. Nah, yang ini kuncinya.
Hamba Abraham tidak pergi ke kota itu sendirian.
Dia adalah kepala dari semua pelayan Abraham. Dia tangan kanan Abraham.
Lihat ada berapa banyak unta yang bersama dia? 
Perjalanan dari suatu kota ke kota lainnya mengendarai unta yang banyak di masa itu, apalagi membawa barang2 berharga (alkitab mencatat dia membawa banyak barang berharga karena itu adalah perjalanan untuk meminang perempuan), 
rentan dirampok di perjalanan.
Mustahil dia membawa begitu banyak barang berharga, unta yang banyak, dan pergi seorang diri saja.
Fakta bahwa dia adalah orang kepercayaan Abraham, membuat aku yakin bahwa dia pasti tidak sebodoh itu :D :D
Dia pasti membawa banyak hamba lainnya bersama dia.

Dan lalu dia meminta minum pada gadis yang datang menimba air.
Kita tidak tau ada berapa orang dalam rombongannya itu.
Tapi air minum untuk manusia pastilah tidak terlalu banyak.
Bagaimana dengan unta?
Satu ekor unta bisa menghabiskan 3 galon air (bisa lebih kalo unta nya rakus).

Dan ada 10 unta yang harus diberi minum.
Ribka menawarkan diri menimba lebih dari 30 galon air? Untuk orang kehausan tapi yang tidak dikenalnya?
Hanya seorang perempuan yang hatinya istimewa yang bisa melakukan itu.
Dan perempuan seperti itu yang dicari untuk Ishak.

Apa kalian mengerti poin-nya?
Poin meminta tanda dari Tuhan ini? Hahahaha...

-------------------------------------



2 tanda sudah terjadi.
Tinggal tanda ketiga menunggu waktu.
Masalahnya, aku sendiri belum memutuskan dengan jelas tanda apa yang sebenarnya aku minta dari Tuhan.
Karena tanda itu harus merupakan yang tersulit, yang paling bermakna, yang paling jelas, tidak bisa ada dua meaning atau kemungkinan di-interpretasikan dengan cara yang beda2.

Tapi Tuhan mengerti apa yang aku cari.
Dia mengerti cara terbaik membuat aku paham.
Dan itu ku pikir cukuplah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar